Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) merupakan salah satu Universitas yang terletak di wilayah Cirebon. Sesuai dengan rencara strategis universitas dimana visi Universitas Swadaya Gunung jati yaitu Menjadi Perguruan Tinggi Riset Unggulan Berbasis Kearifan Lokal Menuju Tataran Global Tahun 2034.

Peran Universitas Swadaya Gunung Jati akan terus berkembang jika UGJ mampu beradaptasi pada lingkungan dengan tetap mempertahankan jati diri. Maka Lembaga inovasi dan pengembangan berupaya untuk meningkatkan peran universitas dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada khususnya pada stakeholeder Universitas Swadaya Gunung Jati. Oleh karena itu diperlukan Rencana Strategis untuk periode 2020 – 2022.

Rencana Strategis (Renstra) Lembaga Inovasi dan Pengembangan (LIP) periode 2020 – 2025 merupakan dokumen perencanaan 3 tahunan yang berdasarkan rencana jangka panjang Universitas Swadaya Gunung Jati yang berisi visi dan misi Lembaga Inovasi dan Pengembangan, strategi dan tahapan capaian program kerja dan indikator capaian program kerja.

Renstra ini didasarkan atas analisis kondisi internal dan eksternal, isu-isu strategis dan dinamika pengembangan teknologi. Renstra ini juga menjadi patokan lembaga inovasi dan pengembangan dalam Menyusun rancangan kegiatan tahunan terutama pada periode 2020 – 2025. Rencana Strategis ini akan menjadi pedoman untuk menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) selama periode 2020 – 2025.

Penyusunan renstra dihadiri oleh Tim LIP, Kepala BPMPI dan Kabid LPM yang diselenggarakan pada Hari Kamis, 30 Juli 2020 di ruangan Lembaga Inovasi dan Pengembangan.